Agar Anak Tidak Cedera, 9 Kriteria Tas Ransel Ini Harus Ada pada Tas Sekolahnya

Posted on

Tas Ransel Murah – Terdengar sepele memang, tapi orang tua perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini saat memilih tas ransel untuk anaknya. Sekarang coba kamu lihat kembali tas yang biasa dipakai anak ke sekolah, rasakan bebannya. Beban ini pula yang akan menimpa anak-anak setiap hari ketika mereka harus membawa tas di punggungnya. Faktanya, membawa tas yang terlalu berat bisa berbahaya bagi kesehatan tulang belakang anak. Agar anak terhindari dari cedera yang akan mengganggu pertumbuhannya, sebaiknya kamu memerhatikan 9 hal ini saat memilih tas ransel untuk anak.

1. Terbuat dari bahan yang cukup kuat

Tas sekolah anak setiap hari diisi dengan beberapa buku pelajaran, buku tulis serta perlengkapan sekolah lainnya yang sudah cukup berat untuk dibawa oleh anak. Jadi, jangan menambah beban tersebut dengan membelikan anak tas ransel yang berbahan dasar berat, seperti tas kulit. Tas kulit mungkin terlihat lebih kuat, tapi tas ini lebih berat dari tas ransel yang terbuat dari bahan kanvas. Tapi jangan juga memilih bahan yang terlalu ringan seperti parasut, karena bahan tersebut tidak akan cukup kuat menampung beban barang bawaan anak. Pilihlah bahan yang cukup kuat, tidak terlalu tebal dan terlalu tipis.

2. Memiliki banyak kompartemen

Salah satu penyebab tas ransel berat dan bisa membuat punggung dan bahu anak nyeri adalah karena beban yang tidak merata. Beban yang bertumpu di satu titik tentu lebih menyiksa punggung dan bahu anak saat memakai tasnya. Tas punggung yang memiliki banyak kompartemen bisa menjadi solusi untuk mengurangi beban yang tidak merata pada punggung dan bahu.

Lihat Juga : Harga Sepatu Garsel

3. Memiliki tali besar atau lebar

Tas ransel yang memiliki dua tali penyangga yang besar akan terasa lebih nyaman dan membantu mencegah terjadinya cedera. Pilih tas ransel yang memiliki tali yang besar atau lebar, sehingga tidak terasa sakit di bahu anak saat ia membawa tas ransel dengan beban yang cukup berat. Tas ransel yang talinya terlalu kecil dan tipis akan membuat punggung dan bahu anak sakit dan anak merasa tersiksa karena semua beban bertumpu di satu titik.

4. Talinya dilengkapi dengan bantalan yang empuk

Jangan lupa, ransel juga harus memiliki bantalan empuk di dua bagian strap atau tali sandang di bahu, sehingga tidak menusuk maupun membekas di bahu, terutama saat anak membawa beban yang cukup berat dalam tas ranselnya. Dengan tali bahu yang memiliki bantalan yang empuk, beban dipundak anak pun tidak akan terlalu terasa dan anak jadi lebih nyaman mengenakannya.

5. Dilengkapi tali pinggang

Fitur tali pinggang ini menjadi penting jika tas yang digunakan anak ke sekolah diisi oleh berbagai macam buku yang tebal dan berat. Tali pinggang ini sangat bermanfaat untuk mendistribusikan beban tas dengan lebih baik lagi dan untuk mencegah tas ransel mudah jatuh ke belakang, saat anak membawa beban yang cukup berat.

6. Terdapat pelindung punggung

Pilih tas ransel yang bagian punggungnya memiliki pelindung busa di dalamnya. Selain membuat anak merasa lebih nyaman saat mengenakan tas ransel karena terasa lebih empuk, hal ini juga bisa melindungi anak dari benda-benda tajam dalam tas, seperti jangka dan pensil yang runcing.

7. Ukurannya sesuai dengan tubuh anak

Ukuran tas sekolah juga harus pas dengan ukuran tubuh anak, jangan terlalu besar. Sebaiknya, ukuran tas tidak boleh lebih dari 4 inci di bawah punggung anak. Lalu, saat dibawa, tas sekolah juga harus nyaman di punggung anak.

8. Memiliki batasan beban maksimal

Berat maksimal tas yang aman untuk anak adalah tidak lebih dari 10 sampai 15 persen dari berat tubuh anak. Sebagai contoh, jika berat badan anak 40 kilogram, maka berat tas yang aman ia bawa adalah 4-6 kilogram saja. Tidak boleh lebih dari itu! Jadi pilihlah tas ransel yang memiliki batasan beban maksimal, sehingga kamu bisa mengontrol jika barang bawaan si kecil sudah terasa melebihi beban yang seharusnya.

9. Jenis dan kualitas yang baik

Bagaimanapun tas ransel dinilai memiliki lebih banyak keuntungan dari jenis tas lainnya, seperti tas selempang. Karena tas ransel mampu mendistribusikan berat tas secara merata pada kedua bahu. Lain halnya ketika menggunakan tas selempang, beban tas bertumpu hanya pada satu bahu. Pastikan tas ransel yang kamu pilih untuk si kecil punya kualitas bagus dan tahan lama. Dan hindari bahan yang mudah tersangkut, agar si kecil tidak cedera.

Pastikan tas ransel si kecil sudah memenuhi kriteria tersebut ya, agar ia terhindar dari cedera.