Beginilah Cara Memberi Pakan Ikan Lele yang Baik

Posted on
Harga Ikan Lele – Sebagai petani ikan lele, hasil yang bagus dan panen yang merata adalah dambaan bagi seluruh para petani ikan lele. Jika hasilnya tidak cukup memuaskan sudah pasti hal ini bakal menjadikan kerugian bagi para petani.

Oleh karena itu diperlukan trik-trik spesifik agar hasil panen ikan lele nantinya dapat lebih meningkat berasal dari terhadap periode yang sebelumnya, lebih-lebih terhadap langkah memberi pakan lele yang baik dan benar.

Untuk membuahkan panen yang baik sudah pasti peran pakan ikan lele jadi hal yang perlu diperhatikan secara detail, tak sekedar berasal dari takaran pH air, sistem airrator yang diperlukan pada budidaya  lele kolam terpal bulat.

Pemberian makan yang baik sudah pasti bakal benar-benar menunjang untuk produktivitas pertumbuhan ikan lele, bayangkan jika bantuan makan ini kerap terganggu dan telat, sudah pasti ikan dapat mati, atau ikan lele saling memangsa satu mirip lain.

Bahkan dengan makanan yang buruk yang diberikan bisa-bisa ikan itu mati sendiri diakibatkan oleh pakannya yang sukar dicerna dan jadi racun yang mematikan terhadap lele.

Maka berasal dari itu mari kami bahas secara ringkas dan singkat melalui postingan sederhana ini, bagaimana sih langkah beri tambahan pakan yang baik dan benar terhadap pembudidayaan ikan lele ini, yuk kami lihat pembahsannya.

4 Cara Memberi Pakan Ikan Lele
1. Atur Jadwal Waktu Pemberian Pakan Ikan Lele
Mengatur ritme bantuan pakan adalah solusi paling baik untuk memanagement petugas pakan untuk bekerja kapan memberi makan ikan dan kapan saatnya mengerjakan tugas yang lainnya.

Dalam pengaturan jadwal ini, anda dapat beri tambahan pakan ikan lele sehari dua kali ataupun tiga kali, jika ditunaikan 3x didalam sehari, hendaknya dibagi terhadap waktu : pagi, siang dan malam hari.

Pada pengelaman banyak para petani ikan lele, jangan benar-benar pagi beri tambahan ikan lele, karena biasanya ikan lele tidak bernafsu makan terhadap pagi yang benar-benar pagi.

karena secara penelitiannya terhadap pagi hari permukaan air kolam masih tercemar oleh zat-zat yang dibawa oleh udara dan ini merugikan untuk ikan, agar jika bantuan makan ini benar-benar pagi bakal dapat beri tambahan racun kepada ikan. Hasilnya ikan bakal banyak yang mati.

Standartnya beri tambahan ikan saat pagi yaitu terhadap jam 9, terhadap jam ini air udah jadi netral ulang dan bagus untuk bantuan pakan ikan.

Jika masuk siang hari, anda dapat beri tambahan pakan terhadap rentang waktu jam 1 sampai jam 2 siang. Dan terhadap malam hari anda dapat beri tambahan pakan terhadap ikan lele terhadap jam 8 sampai jam 9 malam.

2. Persiapan Pemberian Pakan Pada Ikan Lele

Jika anda udah mempunyai standart penjadwalan pakan lele, seterusnya kami jelaskan bagaimana persiapan sebelum menebarkan pakan lele ini.

Tahap awal, anda perlu menyadari ukuran ikan lele anda, hal ini diperlukan untuk mengatur pelet yang perlu diberikan.

Bedakan pelet untuk ikan yang masih kecil dan besar, mengatur ukurannya dan gantilah pelet jadi yang lebih besar saat lele udah berkembang besar juga.

Hal ini dikhawatirkan jika lele diberikan pakan pelet yang benar-benar besar, bakal merepotkan ikan untuk memakan pelet itu agar ikan bakal selamanya kelaparan.

Basahi Pakan Pelet

Membasahai ikan pelet berfaedah agar pelet jadi mengembang, hal ini diperlukan karena sifat lele itu rakus bakal makan, jika pelet yang diberikan didalam suasana kering bakal lebih banyak memakan pelet dan terhadap perut ikan, pelet bakal jadi mengembang, agar ikan lele bakal jadi sesak dan sukar untuk bergerak aktif.

Ikan yang kekenyangan salah satu pertanda adalah dia bakal menggantung diam didalam posisi miring di bawah permukaan air.

Lakukan pembasahan pelet ini dengan langkah menebarkan air secara merata terhadap pelet dan diamkan beberapa menit sampai pelet jadi mengembang. Hal ini tidak berlaku terhadap pakan pelet tenggelam.

Tambahkan Probiotik

Setelah membasahi pelet ikan dengan air selama beberapa menit, alangkah baiknya anda beri tambahan probiotik. Probiotik ini dapat anda dapatkan di toko-toko peternakan ikan.

Jika anda beri tambahan probiotik anda bakal meraih keuntungan ikan anda bakal jadi lebih sehat karena diberi asupan vitamin dan melindungi berasal dari mutu air dan termasuk menguraikan sisa-sisa kotoran organik agar tidak mengganggu kebugaran berasal dari ikan lele.

3. Cara Menebar Pakan yang Baik

Cara menebar pakan yang baik adalah dengan langkah membagi 3 anggota sudut terhadap kolam, contohnya ; terhadap segi kanan kolam, segi kiri kolam dan segi sedang kolam. Hal ini diperlukan agar bantuan pakan lebih merata terhadap ikan lele.

Pada step awal, tebarkan terhadap segi kanan sampai pelet habis, sehabis habis ganti terhadap segi kiri, sehabis segi kiri termasuk habis ganti di segi tengah. Sebarkan pelet sampai kenyang. Tanda berasal dari ikan yang udah kenyang adalah adanya pelet yang mengambang dan tidak dimakan oleh ikan.

Jika anda pakai pelet tenggelam, langkah menebarkannya yaitu dengan langkah perlahan-lahan terhadap satu titik, karena ikan lele termasuk style ikan yang mengejar pakan yang bergerak. Jadi hal ini diperlukan karena ditakutkan pelet terlanjur tenggelam dan tidak dimakan oleh ikan, memberikan pakan sampai respon ikan udah mengalami penurunan bakal memakan pelet.

4. Hindari Pakan Tambahan Mentah

Jika anda beri tambahan pakan tambahan hendaknya menghindari terhadap makanan yang mentah, contohnya ayam mentah, bekicot, keong mas, dll.

Hendaknya anda merebusnya lebih-lebih dahulu, hal ini diperlukan agar sifat berasal dari kanibalisme ikan lele tidak nampak dan termasuk hal ini berfaedah untuk membunuh kuman-kuman yang terkandung terhadap daging mentah tersebut agar tidak jadi penyakit terhadap ikan lele.