Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya.

Posted on

 

Berdasarkan tujuannya, iklan dipisahkan menjadi 2 yakni :

 

  1. Iklan komersial.

Iklan Komersial utawa bisnis mempunyai tujuan untuk menggali keuntungan ekonomi, yang utamanya menambah penjualan. Iklan komersial ini dapat dibagi lagi menjadi :

Iklan konsumen : dimaksudkan untuk menggali keuntungan bisnis, di mana pesan atau isinya iklan ditujukan untuk konsumen akhir, yakni yang menggunakan terakhir sebuah produk.

Iklan bisnis : iklan yang dikatakan dengan maksud menggali keuntungan ekonomi, sasaran pesan yang dituju yakni lembaga yang bakal mengolah/menjual produk yang telah diiklankan untuk konsumen akhir.

Iklan professional : iklan yang dikatakan dengan maksud menggali keuntungan bisnis di mana khalayak sasarannya yakni segmen eksklusif (para professional).

 

  1. Iklan non komersial.

Jenis iklan non-komersial umumnya diciptakan untuk tujuan menyerahkan informasi, ajakan, dan pendidikan terhadap masyarakat. Iklan ini tidak guna mendapatkan deviden ekonomi, tetapi untuk deviden sosial untuk semua masyarakat.

 

Keuntungan yang didapat dari iklan tersebut ialah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan evolusi perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Contoh iklan masyarkat contohnya kampanye Keluarga Berencana, iklan pentingnya pendidikan, iklan bahaya rokok, iklan global warming, iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.

 

Iklan koranĀ  yang dipakai untuk menginformasikan, merayu atau mendidik khalayak di mana destinasi akhirnya bukan menggali keuntungan ekonomi, tetapi keuntungan sosial. Keuntungan sosial di sini dapat diartikan sebagai ekstra ilmu, kesadaran masyarakat terhadap perkara yang diiklankan, serta menggali citra bagus di mata masyarakat.