Kewajiban Warga Negara Indonesia Membayar Pajak

Posted on

 

 

Semua warga negara Indonesia memiliki kewajiban masing-masing, salah satunya adalah membayar pajak. Ada berbagai macam pajak yang harus diataati oleh mereka yang menjadi wajib pajak. Pemerintah menetapkan pembayaran pajak bukan tanpa alasan, tapi ada beberapa hal yang telah dipertimbangkan dengan baik. Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik kita harus rajin dalam proses pembayaran pajak. Alasan mengapa Anda harus membayar pajak adalah:

  1. Menghindarkan Anda dari denda

Rajin melaporkan dan membayar pajak bisa menhindarkan Anda dari denda yang dikenakan. Pemerintah memberikan denda cukup besar bagi yang telat atau tidak membayar pajak. Dendanya bisa mencapai 100.000 hingga 500.000 rupiah. Denda tersebut jika tidak segera dibayarkan maka akan semakin membengkak. Banyak yang terkena denda pajak hingga ratusan juta karena mengabaikan aturan pajak ini. Jika Anda adalah wajib pajak yang sudah memiliki penghasilan kena pajak maka sebaiknya segera bayarkan pajak penghasilan Anda.

Denda untuk pajak bukan hanya terjadi pada pajak penghasilan saja. Pajak-pajak lain juga akan selalu dicek oleh direktorat jendral pajak. Apalagi pajak barang keluar dan masuk luar negeri. Ada berbagai macam pajak yang wajib dibayarkan oleh warga negara. Semua jenis pajak ini memiliki sanksi yang besar jika tidak dibayarkan. Maka sangat penting untuk selalu mengecek apakah Anda sudah membayar pajak dan berapa tagihannya. Jangan sampai tiba-tiba Anda mendapat tagihan besar karena denda Anda sudah terlalu menumpuk. Selain itu besaran pajak yang dibayarkan tidak sama satu dengan yang lain karena disesuaikan oleh masing-masing orang, terutama pajak penghasilan. Jadi jangan hanya mengikuti orang lain dalam proses pembayaran pajak.

  1. Ikut mendukung pembangunan negara

Jika Anda membayar pajak, maka sama saja Anda ikut mendukung pembangunan negara. Indonesia adalah negara yang berkembang dan terus melakukan pembangunan untuk menyejahterakan rakyat. Baik pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, pangan, dan lain-lain. Semua proses pembangunan negara dibiayai oleh pajak yang Anda bayarkan. Maka dengan membayar pajak sebenarnya Anda turut serta dalam pembangunan negara. Anda juga berperan dalam pemerataan pendapatan karena uang dari pajak berguna untuk menutupi kebutuhan pembangunan terutama di daerah-daerah. Pembayaran pajak juga membantu untuk mencegah terjadi inflansi yang sangat merugikan masyarakat. Jadi Anda sendiri juga akan ikut diuntungkan. Apalagi sekarang membayar pajak sudah lebih mudah dengan adanya djp online untuk menghitung dan membayar pajak. Sehingga Anda bisa mengurus pajak kapanpun dan dimanapun.

  1. Membantu menyejahterakan kehidupan Anda sebagai tenaga kerja

Anda sebagai tenaga kerja yang membayar pajak sebanarnya ikut menyejahterakan kehidupan Anda sendiri. Pajak yang telah Anda bayar dapat berguna untuk memberikan jaminan kepada tenaga kerja lain. Maka dengan begitu jaminan tenaga kerja yang Anda terima juga berasal dari pembayaran pajak. Melalui pembayaran pajak, Anda bisa mendapatkan lebih banyak kesejahteraan. Pemerintah juga bisa menyediakan berbagai layanan masyarakat untuk Anda dan keluarga Anda. Jadi membayar pajak juga untuk kepentingan diri Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Pemerintah cukup bergantung kepada pajak negara untuk memberikan layanan public dan tenaga kerja. Jika Anda tidak pernah membayar pajak padahal Anda memiliki penghasilan kena pajak, maka Anda akan sulit juga dalam melakukan klaim terhadap jaminan yang telah pemerintah sediakan.

  1. Melaksanakan kewajiban negara

Pemerintah telah menetapkan beberapa kriteria wajib pajak. Membayar pajak adalah kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia yang telah memenuhi syarat. Memang tidak semua orang di Indonesia harus membayar pajak karena ada syarat tertentu. Terutama dari segi jumlah penghasilan setiap bulan atau tahunnya. Pemerintah memberikan amnesti pajak atau membebaskan pajak bagi mereka yang penghasilannya masih rendah atau hanya sebatas UMR saja. Ini karena penghasilan yang rendah tidak memungkinkan seseorang untuk menguranginya lagi demi membayar pajak. Bagi orang yang sudah memenuhi syarat maka akan disebut sebagai wajib pajak dan harus membayar pajak serta melaporkannya ke direktorat jendral pajak.

Demi kelancaran proses pembayaran pajak, maka sebaiknya Anda menyiapkan NPWP atau nomor pokok wajib pajak terlebih dahulu. Pemilik NPWP tidak harus mereka yang sudah bisa membayar pajak, tetapi bisa juga bagi Anda yang belum memiliki penghasilan kena pajak. Bahkan untuk pengangguran pun bisa mendafatarkan nomor pokok wajib pajak. Banyak yang belum mengetahui tentang nomor pokok wajib pajak sehingga enggan untuk mengurusnya. Padahal membuat nomor pokok wajib pajak sangat mudah dan gratis. Apalagi Anda bisa membuatnya secara online sekarang melalui situs direktorat jendral pajak. Anak sekolah hingga ibu rumah tangga juga bisa membuat nomor pokok wajib pajak. Sekarang justru sedang dirancang pengenalan nomor pokok wajib pajak kepada masyarakat umum agar lebih banyak yang sadar akan pentingnya NPWP. Sebenarnya banyak yang mulai dihimbau untuk membuat NPWP agar nantinya bisa lebih mudah ketika sudah mulai melakukan pembayaran pajak. Tak hanya itu, tetapi juga suapaya mereka nantinya mau membayar pajak dan tidak menunggak denda karena tidak mengerti cara membayar pajak.

Sebenarnya NPWP memiliki peran yang penting, yang pertama adalah untuk mempermudah proses pembayaran pajak. Melalui nomor pokok wajib pajak, Anda bisa melihat berapa besar tagihan yang harus Anda bayar. Selain itu proses pembayarannya juga akan lebih mudah lagi. Nomor pokok wajib pajak juga berperan untuk syarat pendaftaran beberapa instansi. Misalnya Anda ingin mendaftar kerja, beberapa instansi terutama pemerintahan mewajibkan untuk memiliki nomor pokok wajib pajak dulu. Instansi sengaja memintanya agar proses pembayaran pajak nantinya menjadi lebih mudah baik bagi Anda maupun bagi instansi. Jadi mau tidak mau Anda harus mendaftar nomor pokok wajib pajak sebelum mendaftar kerja.

Kemudian NPWP juga berfungsi untuk melengkapi pembuatan berkas seperti paspor dan visa. Jika Anda ingin pergi ke luar negeri maka Anda membutuhkan paspor dan visa. Pembuatan paspor mungkin bisa lebih mudah karena dapat ditutup dengan dokumen lain, tapi pembuatan visa jauh lebih rumit. Jika visa ditolak maka perjalanan ke luar negeri tidak bisa dilakukan. Banyak orang yang bisa dengan mudah diterima visanya karena mereka memiliki NPWP, apalagi jika orang tersebut sudah membayar pajak. Ini karena mereka yang membayar pajak tepat waktu lebih bisa dipercaya terutama dengan tujuannya ke luar negeri sehingga penyetujuannya bisa lebih mudah. Namun, bukan hanya untuk visa saja, beberapa dokumen lain juga membutuhkan NPWP, misalnya SIUP. Surat Ijin Usaha Perdangan digunakan bagi mereka yang memiliki usaha dagang baik yang kelas atas, menengah, hingga bawah. Bahkan usaha kecil-kecilan juga membutuhkan SIUP agar usahanya diakui negara. Proses pembuatan SIUP ini mewajibkan pembuatnya memiliki NPWP. Jika Anda memiliki NPWP maka surat ijin usaha Anda akan lebih mudah keluar dan prosesnya lebih cepat. Maka dari itu segeralah untuk mendaftar nomor pokok wajib pajak sebelum terlambat.