KTP dan NPWP Terintegrasi, Berikut Manfaatnya

Posted on

KTP dan NPWP Terintegrasi, Berikut Manfaatnya

Konsultan Pajak Jakarta – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan serta Ditjen Kependudukan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri telah menandatangani berkas kerja sama untuk memanfaatkan NIK sehingga nantinya bisa dipakai untuk proses pelayanan pajak. Tidak sekedar itu saja, dari kerja sama ini akan ditargetkan NIK nantinya akan telah terintegrasi dengan NPWP.

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan yakni Robert Pakpahan menerangkan jika erncana integrasi nomor induk akan memberikan banyak keuntungan termasuk memudahkan DJP dalam proses pengumpulan penerimaan kas negara terutama dari sektor pajak.

“Saya sangat meyakini jika dukungan yang diberikan dari Direktorat Jenderal Dukcapil sangat membantu Direktorat Jenderal Pajak dalam melakukan tugas serta fungsinya untuk dapat mengumpulkan penerimaan negara terutama dari sektor pajak” ungkap Robert.

Beliau turut menjelaskan jika kerja sama yang akan dilakukan oleh kedua pihak ini sangat diharapkan dapat memberikan manfaat terutama untuk Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, contohnya yang akan menjadi lebih mudah dalam memperoleh data kependudukan, data keluarga bahkan foto.

“Hal ini akan sangat bermanfaat sekali untuk membantu memperluas basis pajak terutama dalam hal pengawasan kepatuhan tidak terkecuali dengan pemeriksaan wajib pajak” ujarnya.

Menurut Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan sekarang ini DJP mempunyai akses informasi keuangan mau yang basicnya domestic atau pun internasional. Direktorat Jenderal pajak pun mempunyai basic data dari hasil pelaksanaan program sekarang ini, tax amnesty.

Robert sangat mengharapkan dengan data yang telah disediakan pihak Dukcapil maka akses DJP menjadi jauh lebih mudah, dan selanjutnya dengan data yang telah terintegrasi ini maka informasi yang akan diperoleh dapat lebih lengkap lagi.

“Ini akan sangat membantu kami untuk memudahkan update data serta membantu memastikan keakuratan datanya sehingga nanti tidak akan ada data yang duplikasi. Kerja sama ini telah terjadi dan kami telah memastikan aksesnya, apa nanti perlu ada NPWP terbaru atau tidak” ujarnya.

Direktorat Jenderal Pajak menyambut sangat baik masa-masa transisi dari integrasi KTP serta kartu NPWP ini dan mengharapkan semuanya bisa berjalan lancar sesuai rencana.