Metode Akurat untuk Melakukan Penilaian Kerja Karyawan

Posted on

Pelatihan KPI – Penilaian kerja adalah sebuah hal yang harus untuk ditunaikan perusahaan, mengingat bahwa karyawan adalah aset mutlak di dalam suatu perusahaan. Memiliki karyawan yang baik dan berkenan memberi tambahan kontribusi yang positif adalah idaman tiap tiap HR. Sayangnya, sebagian aspek internal di kantor sanggup membawa dampak pergantian situasi karyawan. Misalnya jam kerja yang sangat ketat supaya membawa dampak karyawan mulai suntuk atau pekerjaan monoton yang membawa dampak karyawan mulai bosan. Pada akhirnya, karyawan akan mencari jalur untuk mengatasi rasa suntuk tersebut, layaknya bermain gadget atau berselancar di media sosial.
Jika hal itu ditunaikan di dalam batas pas yang wajar barangkali bukan jadi masalah, namun sayangnya tersedia saja karyawan yang sangat terlena bersama hal-hal semacam itu supaya membuatnya terdistraksi berasal dari pekerjaan. Hal ini sanggup turunkan produktivitas karyawansehingga akan merugikan perusahaan.

Untuk memahami tingkat produktivitas kinerja karyawan, sebaiknya laksanakan metode evaluasi kinerja (penilaian kerja) layaknya di bawah ini.

Bagaimana metode penilaian kinerja karyawan yang tepat?

1. Mengukur Produktivitas Karyawan Secara Kuantitatif
Penilaian kinerja pegawai yang pertama yakni bersama mengukur kuantitasnya. Anda sanggup melihatnya berasal dari seberapa banyak product yang sanggup ia hasilkan di dalam periode tertentu, seandainya tiap tiap hari ataupun tiap tiap jamnya. Tak cuma produk, namun sanggup berupa deadlinekerja. Seberapa tangkas seseorang di dalam merampungkan deadline secara tepat pas termasuk sanggup menyatakan tingkat produktivitasnya.

2. Feedback 360 Derajat
Penilaian kinerja karyawan seterusnya adalah bersama menyaksikan feedback. Feedback ini tak cuma terbatas secara dua arah berasal dari atasan dan bawahan, namun melibatkan semua orang yang bekerja mirip bersama karyawan tersebut, termasuk bawahan. Dari sini Anda sanggup menyaksikan bagaimana performa karyawan Anda menurut kepala divisi, bawahan, serta orang-orang yang satu tim dengannya. Feedback yang Anda dapatkan berasal dari banyak sumber akan membawa dampak hasil evaluasi kinerja karyawan Anda tambah akurat.

3. Layanan yang Diberikan terhadap Pelanggan
Contoh penilaian kinerja karyawan yang satu ini kebanyakan ditunaikan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Sistem penilaian kinerjanya sanggup dicermati berasal dari berapa banyak pelanggan yang telah ditanganinya, berapa lama pas kebanyakan yang ia perlukan untuk merampungkan keluhan pelanggan, hingga berapa banyak barang yang kembali. Ini semua menyatakan seberapa cekatannya karyawan tersebut di dalam menghadapi pelanggan. Untuk menopang Anda laksanakan penilaian kinerja mengfungsikan metode ini, mintalah feedback berasal dari tiap-tiap pelanggan perihal kesan mereka terhadap karyawan tersebut.

4. Bagaimana Karyawan Memanfaatkan Waktu Kerjanya
Adanya jam kosong, seandainya kala karyawan telah merampungkan deadline-nya dan tidak mempunyai pekerjaan lain, termasuk sanggup Anda jadikan potensi untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Bagaimana langkah karyawan tersebut mengfungsikan jam kosongnya, apakah mengobrol bersama teman, berselancar di media sosial, membaca e-mail berasal dari atasan, atau belajar hal-hal baru. Karyawan yang produktif adalah karyawan yang sanggup mengfungsikan jam kerjanya semaksimal barangkali dan kalau tersedia pas senggang, ia akan memanfaatkannya untuk mengembangkan kemampuannya.

5. Antusiasme Karyawan di dalam Berkontribusi untuk Perusahaan
Untuk laksanakan metode penilaian kerja ini, berikan karyawan tujuan untuk dicapai sepanjang sebagian bulan ke depan. Atau kalau dirasa sangat lama, sanggup tujuan untuk sebagian minggu ke depan. Dengan metode ini, Anda sanggup menyaksikan seberapa besar antusiasme karyawan di dalam berkontribusi untuk perusahaan. Menyelesaikan tujuan di dalam pas yang ditentukan bukan cuma satu langkah menyaksikan ini, namun lihatlah kualitas barang atau sarana yang dihasilkan. kalau karyawan Anda memberi tambahan hasil terbaik, itu berarti ia tetap berkenan berkontribusi untuk perusahaan dan siap membawa dampak perusahaan Anda jadi lebih produktif.

Dengan memahami tingkat produktivitas kinerja karyawan Anda, Anda sanggup menentukan apakah perusahaan Anda produktif atau tidak. Jika tidak, Anda sanggup mulai menganalisis mengapa karyawan Anda tidak cukup produktif. Dengan memahami penyebab menurunnya produktivitas karyawan, Anda pun sanggup mendapatkan solusi yang tepat untuk menaikkan produktivitas mereka. Salah satu caranya adalah bersama mengfungsikan software layaknya Sleekr HR yang sanggup menopang Anda mengatasi pekerjaan berkenaan HR secara sistematis.