Tugas-tugas Wasit

Prediksi Bola – Wasit adalah seorang yang memiliki wewenang untuk sesuaikan jalannya suatu pertandingan olahraga. Ada beraneka macam istilah wasit. Dalam bhs Inggris dikenal referee, umpire, judge atau linesman. Istilah wasit di dalam bhs Inggris Referee berasal dari sepak bola. Awalnya kapten dari setiap tim saling berkonsultasi untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi di lapangan.

Kemudian peran ini didelegasikan kepada seorang umpire. Setiap tim membawa umpire-nya masing-masing supaya masing-masing kapten tim bisa berkonsentrasi kepada permainan. Akhirnya, seorang yang dianggap netral dinamai referee (dari would be “referred to”) bertindak sebagai orang yang bakal menyelesaikan permasalahan kalau umpire tidak bisa menyelesaikannya. Referee tidak berada di lapangan sampai 1891, kala umpire menjadi linesman (sekarang asisten wasit). Dalam setiap permainan yang terdiri dari 2 tim yang saling berhadapan, pasti dibutuhkan seorang pengadil atau wasit.

Dalam permainan sepak bola, wasit adalah orang yang memegang penuh ketetapan dari jalannya permainan. Tugas-tugas dari wasit beberapanya:

• Mengendalikan jalannya pertandingan bersama dengan dibantu oleh asisten wasit.

• Memastikan bahwa bola yang dipakai udah cocok bersama dengan yang tertulis di keputusan no 2.

• Memastikan bahwa seluruh pemain dari kedua tim udah cocok bersama dengan keputusan no 3 dan 4.

• Mengatur selagi dan sebagai pencatat seluruh sistem pertandingan.

• Menunda, menghentikan, atau mengakhiri pertandingan untuk kebijakan dari setiap pelanggaran yang dilaksanakan pemain terhadap keputusan permainan sepak bola yang berlaku.

• Menunda, menghentikan, atau mengakhiri pertandingan kalau tersedia gangguan dari pihak luar.

• Menghentikan permainan kalau tersedia pemain yang mengalami cedera yang kritis atau harus dibawa ke luar lapangan. (Pemain yang udah muncul dari lapangan akibat cedera, harus meminta izin kepada wasit kalau menghendaki ulang masuk ke di dalam permainan).

• Dll.